JAKARTA. PT Bahana TCW Investment Management kembali meraih penghargaan yang kelima kalinya sebagai The Best Asset and Fund Manager 2019 oleh Majalah Alpha Southeast Asia, majalah investasi institusi yang fokus di Asia Tenggara. Tak hanya itu, pada tahun ini Bahana TCW juga memperoleh dua penghargaan lainnya sebagai Best Fixed Income Fund Manager 2019 dan Best Islamic & Asset Fund Manager.

 

“Penghargaan The Best Asset and Fund Manager 2019 ini menjadi bukti bahwa Bahana TCW tetap dipercaya oleh para investor untuk mengelola investasinya di tengah kondisi geopolitik yang tak menentu. Kami akan berusaha mempertahankan gelar dan memberikan yang terbaik bagi para investor,” ungkap Presiden Direktur Bahana TCW Investment Management, Edward Lubis dalam keterangan pers, Kamis (26/9).

 

Sepanjang semester satu 2019, PT Bahana TCW Investment Management masih menorehkan imbal hasil positif untuk instrumen reksa dana pendapatan tetap (fixed income) dan pasar uang (money market).

 

Anak usaha PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) memiliki lima produk reksa dana pendapatan tetap, seperti Bahana Kehati Lestari, Bahana MES Syariah Fund, Bahana Makara Prima, Ganesha Abadi, dan Bahana PTS Generasi Gemilang. Selama satu tahun, produk reksa dana pendapatan tetap Bahana tersebut memberikan imbal hasil rata-rata sebesar 10-12,5%.

 

Sementara, untuk produk reksa dana syariah, perusahaan patungan antara BUMN PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dan kelompok manajemen dana berbasis di Los Angeles, Trust Company of West (TCW) ini memiliki tiga produk reksa dana berbasis syariah, yakni Bahana Likuid Syariah (pasar uang) yang mencetak imbal hasil sebesar 6,15% selama satu tahun. Sementara untuk Bahana MES Syariah Fund dan reksa dana syariah Bahana PTS Dana Gemilang yang berbasis pendapatan tetap memberikan imbal hasil rata-rata sebesar 11-12%.

 

Tahun 2019, Bahana TCW menargetkan pertumbuhan target dana kelolaan (AUM) yang konservatif, yakni sebesar Rp 52 triliun. Saat ini, Bahana TCW menduduki posisi 3 besar pelaku industri Reksa Dana terbesar di Indonesia dengan jumlah asset yang dikelola mencapai Rp. 51,48 triliun per 23 September 2019, naik sekitar 7.33% dari total dana kelolaan pada akhir tahun 2018.

 

Sepanjang 2019, Bahana TCW memperoleh beragam penghargaan baik dengan predikat sebagai kinerja performa investasi, servis, dan solusi manajemen investasi yang komprehensif. Penghargaan ini didapat dari media baik di dalam maupun luar negeri dengan total yang penghargaan hingga September 2019 yaitu 7 sebanyak penghargaan.