6 Alasan Reksa Dana Cocok untuk Pemula

Reksa Dana dapat digunakan sebagai sarana investasi oleh siapa saja. Bahkan oleh kita yang terhitung investor pemula yang baru mengenal dunia investasi. Mengapa demikian?

  1. Tidak perlu mengatur dan mengelola portofolio sendiri

    Kita menyerahkan pengelolaan investasi kita kepada para manajer investasi yang profesional. Tidak perlu repot memikirkan kapan harus menjual atau membeli saham dan obligasi atau menempatkan dana pada deposito.

  2. Mudah dicairkan

    Jika kita membeli reksa dana lalu ingin mencairkan, kita dapat mencairkan kapan saja. Sudah banyak manajer investasi yang memungkinkan kita mencairkan reksa dana secara daring. Tinggal tunggu maksimal 7 hari kerja setelah penarikan, dana sudah ada di rekening kita.

  3. Mudah dipantau dari mana pun

    Jika kita karyawan yang sering berpindah tugas dari satu kota ke kota lain, pemantauan reksa dana dapat dilakukan dengan mudah secara daring. Jadi di mana pun kita berada, hanya dengan melalui telepon genggam kita dapat memantau pergerakannya.

  4. Modal kecil

    Sebagai pemula, mungkin kita belum berani berinvestasi dalam jumlah besar. Kita dapat membeli produk reksa dana ini senilai Rp 100.000 saja. Selanjutnya, kita dapat menambah porsi investasi kita. Sangat baik jika kita berinvestasi secara teratur setiap bulan.

  5. Ada fasilitas autodebet

    Terkadang, mengerjakan banyak hal membuat kita lupa berinvestasi. Solusinya, gunakan fasilitas autodebet. Setiap bulan dana kita akan didebet secara otomatis. Bahkan tanpa kita sadari, investasi kita sudah menumpuk.

  6. Diversifikasi

    Dengan modal kecil, investasi kita sudah tersebar atau terdiverisifikasi. Satu unit reksa dana terdiri atas beberapa macam saham atau obligasi atau deposito. Diversifikasi merupakan salah satu cara untuk mengelola risiko.