A. Mulai Berinvestasi Reksa Dana dengan BahanaLink

 

 

Apa itu Reksa Dana?

Menurut Undang-undang Nomor 8 tahun 1995, Reksa Dana merupakan wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Portofolio efek dapat berisi saham, obligasi, dan instrumen pasar uang lainnya.

 

Mengapa harus Reksa Dana?

1. Pengelolaan secara profesional

Reksa Dana dikelola oleh para manajer investasi profesional yang memiliki akses pada informasi dan pedagangan efek, sehingga selalu dapat meneliti berbagai peluang investasi terbaik bagi para nasabahnya. Oleh karena itu, Reksa Dana sangat cocok bagi investor pemula.

2. Diversifikasi risiko

Seperti kata pepatah, "Jangan menaruh semua telur anda dalam satu keranjang." Hal inilah yang menjadi salah satu filosofi pembentukan Reksa Dana. Dengan melakukan diversifikasi pada berbagai instrumen investasi di pasar modal ataupun diversifikasi di dalam satu instrumen investasi, risiko kerugian investasi secara keseluruhan akan lebih kecil.

3. Fleksibilitas berinvestasi

Anda dapat dengan leluasa memilih jenis Reksa Dana yang sesuai dengan profil risiko anda, yaitu konservatif, moderat atau agresif, serta tujuan investasi anda, misalnya jangka pendek atau jangka panjang. anda juga dapat memasukkan, memindahkan ataupun mengeluarkan dana anda dari Reksa Dana sesuai dengan keinginan anda.

4. Keringanan biaya

Investasi melalui Reksa Dana relatif lebih ringan biayanya bila dibandingkan dengan anda melakukannya sendiri. Manajer investasi mampu menghimpun dana dalam skala besar sehingga dapat mengalokasikannya secara ekonomis.

5. Cocok untuk investor dengan kemampuan finansial yang tidak terlalu besar.

 

Apa itu BahanaLink?

BahanaLink merupakan platform Investasi Reksa Dana online dari Bahana TCW. BahanaLink memfasilitasi anda untuk mewujudkan apa pun impian yang ingin anda raih dengan investasi. Melalui BahanaLink, anda dapat melakukan transaksi investasi kapan dan di mana saja, tanpa dikenakan biaya administrasi serta penalti.

 

Apakah keuntungan berinvestasi secara online melalui BahanaLink?

·         Terjangkau: Nilai investasi awal yang tidak membutuhkan modal besar, hanya Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

·         Aman: Dana anda dikelola oleh Manajer Investasi profesional, yaitu PT Bahana TCW Investment di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) milik Kementerian Keuangan.

·         Fleksibel: Dana dapat dicairkan kapan saja, serta bebas biaya administrasi dan penalti.

·         Efisien: Transaksi lebih efisien karena bisa diakses secara online di mana saja.

·         Transparan: Anda dapat dengan mudah mengetahui kebijakan Reksa Dana melalui prospektus. Informasi mengenai kinerja Reksa Dana akan rutin diinformasikan melalui laporan bulanan atau E-Statement setiap bulannya. Informasi NAB/Unit dari Reksa Dana juga secara umum dipublikasikan dan dapat ditemukan di media cetak maupun online.

·         Terdaftar Resmi: BahanaLink dari Bahana TCW Terdaftar dan Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

 

Apa saja produk Reksa Dana yang dijual di BahanaLink?

·         1. Bahana Dana Likuid         

·         2. Bahana Likuid Syariah

·         3. Bahana MES Syariah Fund

·         4. Ganesha Abadi

·        5.  Makara Prima

·         6. Kehati Lestari 

·         7. Reksa Dana Syariah Bahana PTS Generasi Gemilang

·         8.  Bahana Kombinasi Arjuna

·         9. Bahana Quant Strategy

·         10. Bahana Dana Infrastruktur

·         11. Bahana Trailblazer Fund

·         12. Dana Ekuitas andalan

·         13. Dana Ekuitas Prima

·         14. Bahana Dana Prima

·         15. Bahana ICon Syariah

 

 B. Berbagai Istilah Penting dalam Reksa Dana

 

Apakah yang dimaksud dengan NAB dalam Reksa Dana?

NAB atau Nilai Aktiva Bersih, memiliki prinsip yang hampir sama dengan harga saham. NAB Reksa Dana dapat bergerak naik ataupun turun dari hari ke hari. NAB menggambarkan total kekayaan Reksa Dana setiap harinya. Nilai NAB dipengaruhi oleh nilai atau harga pasar underlying asset (surat berharga dalam portofolio Reksa Dana) Reksa Dana tersebut tiap harinya. Di dalam NAB itu pula sudah terhitung biaya pengelolaan Reksa Dana untuk manajer investasi, sehingga jika NAB turun, secara langsung manajer investasi juga merasakan penurunan pendapatan yang mereka dapatkan dari pengelolaan Reksa Dana tersebut.

Apa itu unit penyertaan?

Unit penyertaan merupakan istilah satuan untuk Reksa Dana. Misalkan pada januari 2012 anda membeli Reksa Dana sebesar Rp.10 juta pada sebuah Reksa Dana yang NAB-nya saat itu Rp.1.000, maka anda memiliki 10.000 unit penyertaan atas saham tersebut.

Apa itu Hari Bursa?

Hari Bursa adalah hari diselenggarakannya perdagangan Efek di Bursa yaitu hariSenin sampai dengan hari Jumat, kecuali hari tersebut merupakan hari libur nasional atau dinyatakan sebagai hari libur Bursa oleh Bursa.

Apa definisi Prospektus?

Prospektus adalah gabungan antara profil perusahaan dan laporan tahunan yang menjadikannya sebuah dokumen resmi yang digunakan oleh suatu lembaga/ perusahaan untuk memberikan gambaran mengenai saham yang ditawarkannya untuk dijual kepada publik.

Bagaimana menghitung hasil investasi di Reksa Dana?

Keuntungan anda adalah selisih nilai NAB Reksa Dana waktu pembelian dengan nilai NAB sekarang dikali jumlah unit penyertaan yang anda miliki.

Contoh: anda membeli reksadana Dana Ekuitas Prima (DEP) sebesar Rp. 10 juta pada 8 Juni 2007, yang saat itu NAB DEP adalah 1.756,33, maka anda mendapatkan unit penyertaan sebesar 5.693,6908 (pembulatan empat angka dibelakang koma). Pada 8 May 2012, NAB DEP adalah 3.693,44, maka keuntungan kotor anda per 8 May 2012 adalah (3.693,44 – 1.756,33) x 5.693,6908 = 11.029.305,386.

 

C. Proses Transaksi Reksa Dana melalui BahanaLink

Bagaimana cara melakukan transaksi online melalui BahanaLink?

1. Untuk melakukan transaksi online dengan BahanaLink, ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

2. Pertama-tama, anda harus melakukan registrasi dengan mengisi email, password, dan nomor telepon ponsel anda.

3. Setelah registrasi, isilah form yang tersedia untuk menentukan profil risiko investasi anda, yaitu tingkat imbal hasil yang diharapkan dan risiko yang sanggup anda tanggung.

4. Usai mengetahui profil risiko anda, petugas Customer Service PT Bahana TCW akan melakukan validasi data anda sebagai bagian dari Proses Pengenalan Nasabah atau disebut Know Your Customer (KYC).

5. Jika proses KYC telah berhasil, anda akan diberikan nomor SID (Single Investor Identification).

6. Kini anda bisa membuat perencanaan investasi dengan mengisi impian yang ingin diraih, berapa target dananya, jangka waktu berinvestasi, hingga produknya.

7. Setelah mengisi perencanaan investasi, kalkulator investasi BahanaLink akan memperlihatkan hasil simulasi investasi anda. Jika target kurang realistis, BahanaLink akan memberikan rekomendasi lama investasi dan produk yang paling optimal. Pastikan anda membaca fund factsheet dan prospektus Reksa Dana sebelum memilih.

8. Selesai memilih produk, anda bisa mengubah  kembali produk, target, waktu, dan nominal investasi. Kemudian, anda mendapatkan rekomendasi BahanaLink dengan tombol hitung dan rekomendasi. Jadi, pastikan anda melakukan review dengan seksama. Klik ikon merah yang tersedia untuk mengunduh semua factsheet & prospektus produk Reksa Dana.

9. Di halaman review, anda bisa memilih tanggal autodebet investasi berkala atau non berkala. Anda pun bisa memilih tanggal autodebet di halaman Pembayaran.

10. Setelah mengatur waktu dan memilih bank untuk autodebet, anda tinggal mentransfer total dana investasi hingga 4 digit terakhir.

11. Terakhir, cukup upload bukti transfer dan atur tanggal kadaluarsa autodebet anda. Sekarang anda sudah selesai dan mulai berinvestasi bersama BahanaLink.

Mudah, bukan? anda pun dapat mengakses portofolio investasi anda melalui link.bahana.tcw.com.

 

Apakah ada waktu operasional untuk melakukan transaksi online di BahanaLink?

Investor dapat melakukan akses pembelian atau transaksi melalui website BahanaLink selama 24 jam dan di mana saja. Namun proses pengalokasian unit penyertaannya akan disesuaikan dengan Cut-off Time transaksi Reksa Dana melalui BahanaLink.

Berapa minimum untuk berinvestasi Reksa Dana di BahanaLink?

Dana minimum untuk berinvestai Reksa Dana di BahanaLink adalah Rp100.000 (seratus ribu rupiah).

Bukti konfirmasi apa yang saya terima dari BahanaLink sebagai kepemilikan Reksa Dana yang saya beli?

Bukti konfirmasi dapat dilihat pada riwayat transaksi dan order transaksi pada bagian ‘Akun Saya’ di website BahanaLink, atau melalui konfirmasi Bank Kustodian paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.

Kapan saya bisa mengetahui harga NAB/unit dari Reksa Dana yang saya beli/jual secara online melalui BahanaLink?

Nilai Aktiva Bersih per Unit Reksa Dana BahanaLink dapat anda pantau pada halaman depan website BahanaLink setelah anda login atau di bagian ‘Akun Saya’ setelah melakukan transaksi

Apakah yang dimaksud dengan Cut-off Time Transaksi Reksa Dana pada BahanaLink?

·         Cut-off Time Transaksi Reksa Dana pada BahanaLink merupakan batasan waktu penerimaan transaksi pembelian (Subscription), serta transaksi penjualan kembali (Redemption) setiap harinya.

·         Cut-off Time transaksi Reksa Dana BahanaLink berlangsung hingga pukul 12.00 WIB setiap hari bursa. Sedangkan untuk pembelian dan Cut-off Time untuk penjualan kembali adalah pukul 12.00 WIB.

·         Jika transaksi pembelian dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB, maka anda akan mendapatkan NAB/unit pada hari bursa yang sama. Apabila anda melakukan transaksi pembelian melewati pukul 12.00 WIB atau pada hari libur, maka NAB/unit bisa didapatkan satu hari kerja bursa setelah transaksi.

·         Jika  transaksi penjualan kembali dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB, maka NAB/unit bisa diperoleh pada hari bursa yang sama. Apabila transaksi penjualan dilakukan melewati pukul 12.00 WIB atau pada hari libur, maka NAB/unit bisa anda dapatkan satu hari kerja bursa setelah transaksi.

 

 D. Apakah ada waktu operasional untuk melakukan transaksi online di BahanaLink?

 

Investor dapat melakukan akses pembelian atau transaksi melalui website BahanaLink selama 24 jam dan di mana saja. Namun proses pengalokasian unit penyertaannya akan disesuaikan dengan Cut-off Time transaksi Reksa Dana melalui BahanaLink.

 

Berapa minimum untuk berinvestasi Reksa Dana di BahanaLink?

 

Dana minimum untuk berinvestai Reksa Dana di BahanaLink adalah Rp100.000 (seratus ribu rupiah).

 

Bukti konfirmasi apa yang saya terima dari BahanaLink sebagai kepemilikan Reksa Dana yang saya beli?

 

Bukti konfirmasi dapat dilihat pada riwayat transaksi dan order transaksi pada bagian ‘Akun Saya’ di website BahanaLink, atau melalui konfirmasi Bank Kustodian paling lambat 7 (tujuh) hari kerja.

 

Kapan saya bisa mengetahui harga NAB/unit dari Reksa Dana yang saya beli/jual secara online melalui BahanaLink?

 

Nilai Aktiva Bersih per Unit Reksa Dana BahanaLink dapat anda pantau pada halaman depan website BahanaLink setelah anda login atau di bagian ‘Akun Saya’ setelah melakukan transaksi

 

Apakah yang dimaksud dengan Cut-off Time Transaksi Reksa Dana pada BahanaLink?

 

·         Cut-off Time Transaksi Reksa Dana pada BahanaLink merupakan batasan waktu penerimaan transaksi pembelian (Subscription), serta transaksi penjualan kembali (Redemption) setiap harinya.

 

·         Cut-off Time transaksi Reksa Dana BahanaLink berlangsung hingga pukul 12.00 WIB setiap hari bursa. Sedangkan untuk pembelian dan Cut-off Time untuk penjualan kembali adalah pukul 12.00 WIB.

 

·         Jika transaksi pembelian dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB, maka anda akan mendapatkan NAB/unit pada hari bursa yang sama. Apabila anda melakukan transaksi pembelian melewati pukul 12.00 WIB atau pada hari libur, maka NAB/unit bisa didapatkan satu hari kerja bursa setelah transaksi.

 

·         Jika  transaksi penjualan kembali dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB, maka NAB/unit bisa diperoleh pada hari bursa yang sama. Apabila transaksi penjualan dilakukan melewati pukul 12.00 WIB atau pada hari libur, maka NAB/unit bisa anda dapatkan satu hari kerja bursa setelah transaksi.

 

E. Kenali Profil Risiko Anda Sebelum Berinvestasi

 

Risiko Reksa Dana

 

1. Apakah risiko dipengaruhi oleh perubahan kondisi ekonomi dan politik?

 

Perubahan kondisi ekonomi global negeri sangat mempengaruhi kondisi perekonomian di Indonesia yang menganut sistem perekonomian terbuka. Demikian juga dengan perubahan kondisi dan stabilitas politik dalam negeri. Selain itu, perubahan kondisi ekonomi dan politik di Indonesia juga mempengaruhi kinerja perusahaan-perusahaan, baik yang tercatat pada Bursa Efek maupun perusahaan yang menerbitkan instrumen pasar uang, yang pada akhirnya mempengaruhi nilai Efek bersifat utang yang diterbitkan perusahaan tersebut.

 

2. Seperti apa risiko kredit sebelum berinvestasi Reksa Dana?

 

Efek bersifat hutang yang diterbitkan oleh emiten mempunyai risiko kredit, yaitu risiko yang berhubungan dengan kemampuan membayar dari emiten yang menerbitkan obligasi. Apabila emiten yang menerbitkan salah satu obligasi yang dimiliki oleh Reksa Dana tidak mampu melunasi pembayaran kupon atau bunga obligasinya, maka Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana dapat berkurang.

 

3. Apakah kinerja portofolio investasi dipengaruhi oleh kinerja emiten penerbit efek?

 

Kinerja emiten penerbit Efek, baik Efek bersifat ekuitas maupun Efek Bersifat Utang dipengaruhi oleh industri dimana emiten tersebut beroperasi. Apabila kinerja suatu industri mengalami penurunan, maka emiten-emiten yang bergerak dalam industri yang sama akan mengalami penurunan kinerja, yang akhirnya akan berpengaruh negatif terhadap nilai Efek yang diterbitkan oleh emiten-emiten tersebut. Risiko industri dapat diminimalkan dengan melakukan diversifikasi investasi pada beberapa Efek yang diterbitkan oleh emiten-emiten yang bergerak di beberapa industri yang berbeda.

 

4. Apa yang dimaksud risiko pasar dalam investasi Reksa Dana?

 

Risiko pasar adalah risiko sistematik yang mempengaruhi nilai seluruh Efek yang berada dalam pasar yang sama. Risiko tersebut merupakan risiko yang harus ditanggung oleh investor yang telah melakukan diversifikasi portofolio yang optimal.

 

5. Benarkah nilai portofolio Reksa Dana dipengaruhi oleh likuiditas pasar?

 

Nilai portofolio Reksa Dana pada tanggal dilakukannya Penjualan Kemballi dan likuidasi Reksa Dana dipengaruhi oleh likuiditas pasar Efek-efek dalam portofolio Reksa Dana. Efek-efek yang tidak likuid dapat memiliki Nilai Pasar Wajar yang lebih rendah dari pada nilai Efek-efek tersebut.

 

6. Apakah risiko suku bunga mempengaruhi investasi obligasi pada portofolio efek Reksa Dana?

 

Investasi obligasi pada Portofolio Efek Reksa Dana tergantung dari fluktuasi tingkat suku bunga dan harga dari obligasi tersebut dapat naik turun akibat fluktuasi ini.

 

7. Bagaimana risiko perubahan peraturan perpajakan dalam Reksa Dana?

 

Kupon (bunga) obligasi dan diskonto (termasuk capital gain) dari hasil transaksi obligasi merupakan objek pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Jadi di kemudian hari bisa saja terjadi perubahan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. Sehingga tujuan investasi sebagaimana telah direncanakan sejak sebelum diluncurkannya Reksa Dana, mungkin menjadi tidak terpenuhi sebagai akibat terjadinya perubahan kondisi, perkiraan dan informasi yang digunakan Manajer Investasi. Oleh karenanya, dalam kondisi dimana risiko ini terjadi, maka Reksa Dana dapat dilunasi lebih awal sebelum jatuh tempo.

 

8. Apakah peraturan lainnya dapat mempengaruhi nilai Reksa Dana?

 

Perubahan peraturan, khususnya yang tidak terbatas pada peraturan perpajakan dapat mempengaruhi nilai investasi Reksa Dana anda.

 

 

 

Apa itu Profil Risiko pada Reksa Dana?

 

Profil risiko seseorang menggambarkan tingkat toleransi atau sejauh mana ia mampu menanggung risiko tersebut. Profil risiko ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti faktor usia, lingkungan, dan pemahaman mengenai investasi. Secara umum, terdapat tiga jenis kategori investor berdasarkan profil risikonya:

1. Konservatif

Anda menghindari investasi risiko tinggi, ingin kestabilan, ingin pendapatan tetap dalam jangka waktu satu hingga dua tahun.

·        2. Moderat

Anda toleran terhadap investasi dan risiko tinggi namun ingin menghindari fluktuasi harga dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun.

·        3. Agresif

Anda investor yang berani menghadapi risiko tinggi dan fluktuasi harga, serta mengharapkan pertumbuhan tinggi dalam jangka waktu lima hingga sepuluh tahun.

 

Jenis Reksa Dana apa yang paling cocok untuk saya?

Saat membuat akun BahanaLink, anda diwajibkan untuk mengisi kuesioner. Bisa dibilang kuesioner tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana anda dapat menanggung risiko saat berinvestasi di Reksa Dana.  Pada fitur “Rencana Investasi” yang kami miliki, produk yang kami rekomendasikan secara otomatis akan disesuaikan dengan profil risiko anda.

 

 E. Biaya Transaksi Reksa Dana di BahanaLink 

 

1. Apakah ada biaya pembelian yang dikenakan saat transaksi Reksa Dana di BahanaLink?

Biaya pembelian akan dikenakan setiap kali anda membeli Reksa Dana. Besarnya biaya pembelian tergantung pada jenis produk Reksa Dana yang anda pilih.

2. Bagaimana dengan biaya penjualan kembali? 

Biaya penjualan kembali dikenakan setiap kali anda menginginkan pencairan dana anda dari Reksa Dana. Besarnya biaya penjualan tergantung pada jenis produk Reksa Dana yang anda ingin cairkan. Jumlah dana yang anda dapatkan setelah pencairan adalah netto (bersih) setelah dikurang biaya penjualan kembali. Adapula biaya pemindahan, yakni biaya yang dikenakan setiap kali anda menginginkan pemindahan dana dari satu Reksa Dana ke Reksa Dana lainnya (switching).

3.  Apa yang dimaksud dengan Biaya Imbal Jasa Manajer Investasi?

Biaya ini merupakan bentuk kompensasi yang anda berikan pada manajer investasi anda atas usahanya dalam mengelola dana yang anda percayakan padanya. Biaya ini sudah termasuk di dalam NAB Reksa Dana, sehingga anda tidak perlu repot menghitungnya.

4. Apa itu Biaya Imbal Jasa Bank Kustodian dalam Reksa Dana?

Biaya ini diberikan pada bank kustodian atas jasanya. Bank kustodian adalah pihak yang memegang dana investasi anda, sehingga dana tersebut tidak dipegang langsung atau disalahgunakan oleh manajer investasi (MI). Jasa bank kustodian adalah melakukan administrasi Reksa Dana dan juga sebagai pihak yang memegang dana investasi anda.