Saham

Untuk memenuhi kebutuhan investasi jangka panjang seperti persiapan dana pensiun 20 tahun lagi, biaya kuliah anak 15 tahun lagi, saham dapat menjadi pilihan.

Saham merupakan surat berharga kepemilikan perusahaan. Dengan memiliki saham kita berharap harganya naik dan kita mendapatkan pembagian keuntungan dalam bentuk deviden.

Saham yang dapat dengan mudah dibeli adalah saham perusahaan terbuka dan tercatat di bursa.

Dalam jangka pendek, harga saham naik turun. Tetapi dalam jangka panjang harga saham cenderung naik. Sehingga saham sebaiknya digunakan untuk berinvestasi dalam jangka panjang di atas 5 tahun.

Saham Sebagai Sarana Investasi Jangka Panjang

Saham cocok untuk digunakan sebagai sarana investasi yang akan dipenuhi dalam lima tahun lebih seperti membiayai kuliah anak atau persiapan dana pensiun.

Pembelian saham dapat dilakukan dengan membuka rekening di perusahaan sekuritas. Minimal pembelian 1 lot atau 100 unit saham.

Saham juga mengandung risiko. Jika perusahaan bangkrut, bisa jadi pemegang saham tidak mendapatkan apa-apa. Risiko lainnya adalah keadaan ekonomi makro seperti krisis yang dapat memengaruhi kinerja perusahaan.

Untuk meminimalkan risiko, kita dapat mempelajari laporan keuangan atau melakukan diversifikasi pembelian saham. Investasi cermat keuntungan berlipat.

Mulai Rencana Investasi Saya

  • Mulai investasi saya untuk keperluan
  • umur saya saat ini
  • penghasilan saya perbulan